Selasa, 22 Mei 2012

Macet DKI, Contra Flow Berlaku Selama 1 Tahun

VIVAnews - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan Jasa Marga telah melakukan uji coba contra flow di kilometer 3+050 hingga 6+800 Tol Dalam Kota dari arah Cawang selama 14 hari sejak 1 Mei 2012 lalu. Polisi menilai masyarakat antusias dengan salah satu cara mengatasi kemacetan di tol itu.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Dwi Sigit Nurmantyas, mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi, pihaknya akan memberlakukan sistem contra flow selama satu tahun.

"Hingga tol JORR W II selesai dibangun, kalau sudah jadi kan bisa mengatasi kemacetan. Dari situ akan kami evaluasi lagi apakah masih perlu dilanjutkan atau tidak," ujar Sigit kepada VIVAnews, Senin 21 Mei 2012.

Kesepakatan lain dalam pemberlakuan sistem tersebut, lanjut Sigit, yakni lawan arus tidak diberlakukan saat akhir pekan dan ketika hujan datang. Menurut dia, contra flow tidak berlaku saat hujan guna meminimalisir kecelakaan.

Selain itu, kata Sigit, jarak contra flow juga akan diperpanjang hingga 7 kilometer dari semula 5 kilometer. Tepatnya dari kilometer 1+600 hingga kilometer 8+600.

"Dengan jarak 5 kilometer saja, kepadatan kendaraan sudah berkurang 25 persen yang sebelumnya kami perkirakan 20 persen akhirnya meningkat. Mudah-mudahan dengan diperpanjang jarak hingga 7 Km bisa lebih banyak menarik kendaraan," kata Sigit. (umi)

Sumber : http://metro.vivanews.com/news/read/315292-jarak-contra-flow-diperpanjang-jadi-7-km
Related Posts : contra , diperpanjang , kendaraan , kilometer , lintas , metro , sistem

Tidak ada komentar :

Posting Komentar