Sabtu, 20 Oktober 2012

Ahok: Orang Kaya Harusnya Tinggal di Luar Jakarta

INILAH.COM, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, permasalahan kemacetan terjadi karena banyak pekerja Jakarta yang berdomisili di daerah pinggiran Jakarta atau daerah tetangga sekitar Jakarta.

"Sewa kos juga mahal disini. Makanya mereka cari yang di pinggiran Jakarta, karena masih murah. Ini yang mengakibatkan kemacetan terjadi. Makanya kita bangun rumah sewa, kita ajak mereka tinggal di rumah sewa yang murah itu di Jakarta, sehingga macet akan berkurang," kata Basuki di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (18/10/2012).

Lebih lanjut Basuki menegaskan inti pemecahan masalah kemacetan adalah sebanyak mungkin membangun rumah susun sederhana sewa (rusunawa) dekat dengan tempat kerja karyawan. Di Rusunawa itu nantinya akan dilengkapi dengan pasar tradisional, sehingga semakin membatasi pergerakan manusia dengan menggunakan kendaraan bermotor.

"Jadi, harusnya di Jakarta itu adalah orang yang gajinya pas-pasan tinggal di dalam kota. Lalu orang kaya harusnya tinggal di luar kota, karena mereka punya sopir, mobil dan duit. Kita mau bangun apartemen murah untuk pegawai-pegawai yang tinggal di pinggiran tapi kerja di dalam kota. Dengan begitu kemacetan bisa berkurang banyak," jelasnya.

Menurutnya, pembangunan apartemen murah berbentuk rusunawa tersebut tetap mengikuti peraturan perundang-undangan yang terlah ada. Kemudian dibangun di atas lahan atau gedung yang sudah menjadi aset Pemprov DKI Jakarta. Rencananya pasar-pasar tradisional di Jakarta merupakan lokasi yang tepat untuk dibangun rusunawa diatas bangunan pasar yang sudah ada.

"Nanti kita bikin peraturannya untuk membangun perumahan ini. Yang pasti, harus diundi pakai nomor urut. Kalau yang diatas bukan orang itu lagi, maka yang dibawah naik. Terus kalau yang menempati rumah murah tersebut bukan keluarga sendiri atau bukan garis keturunannya, tetangga harus laporin, supaya diusir," tandasnya.[bay]

Sumber : http://metropolitan.inilah.com/read/detail/1917276/ahok-orang-kaya-harusnya-tinggal-diluar-jakarta
Related Posts : apartemen , basuki , berkurang , jakarta , kemacetan , orang , pinggiran , tradisional

Tidak ada komentar :

Posting Komentar