Jumat, 28 September 2012

Indonesia Tanpa Road Map Transportasi

JAKARTA, (PRLM).- Indonesia hingga saat ini dinilai belum mempunyai road map (peta jalan) moda transportasi ke depan. Akibatnya intermoda yang dimiliki belum terintegrasi satu sama lainnya. Kondisi ini lmenyebabkan biaya transportasi kita masih sangat tinggi.

Demikian disampaikan Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono saat memberikan sambutan penutup pada Seminar Internasional Green Freight Transport yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Perhubungan di Jakarta, Kamis (27/9)

Dijelaskan, dengan tidak adanya road map moda transportasi kita belum bisa menghitung atau membagi, berapa persen logistik yang diangkut dengan transportasi darat seperti truk dan kendaraan roda empat, berapa yang diangkut kendaraan berbasis rel, berapa melalui udara dan berapa melalui laut dengan kapal tongkang atau kapal laut lainnya.

Masalah angkutan logistik ini harus disebar secara merata, jangan semata-mata mengandalkan transportasi darat. Karena jika tetap dipaksakan, selain akan merusak jalan juga akan terhambat oleh kemacetan. Waktu tempuh akan menjadi lama dan biaya operasional pasti akan menjadi lebih mahal.

Truk berukuran besar memang menjadi salah stau alternatif untuk mengenagkut barang dalam jumlah banyak sehingga bisa ditekan efisiensi.

Namun ada tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu kondisi truknya itu sendiri yaitu kondisinya harus yang sehat, kedua harus menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan dan ketiga pengemudinya harus disiplin dan tidak boleh ugal-ugalan.

"Jika satu dari tiga hal ini tidak saling melengkapi, ya tidak akan tercapai yang namanya greeb freight transport," ujar Bambang.

Untuk itu Wamenhub yang juga Presiden Intellejen Transport System (ITS) Indonesia mengimbau perlu dilakukan koalisi yang sehat dengan cara membentuk suatu lembaga atau forum, yang beranggotakan pemerintah, swasta, akademisi dan NGO. (A-78/A-26).***

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/205164
Related Posts : freight , indonesia , kendaraan , perhubungan , transport , transportasi

Tidak ada komentar :

Posting Komentar