Kamis, 06 September 2012

Jepang Pinjamkan Dana Bangun Subway di Jakarta

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Indonesia berencana membangun jaringan transportasi subway atau stasiun kereta bawah tanah di Jakarta pada 2014. Transportasi tersebut diharapkan mampu memecah kemacetan di Ibu Kota. Pemerintah pun mendapat pinjaman dari Jepang untuk merealisasikan rencana tersebut.

Transportasi subway memang menjadi andalan di sejumlah negara, seperti Jepang. Negara Sakura itu juga pernah bermasalah dengan kemacetan. Keberadaan subway pun menjadi alternatif untuk memecahkan kemacetan. Jumlah pengguna jasa transportasi itu pun banyak.

Lantaran itu, Indonesia berencana membangun sarana tersebut pada 2014. Menurut Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, Japan International Coorperation Agency (JICA) membantu Indonesia merealisasikan rencana tersebut.

JICA menyediakan dana pinjaman sebesar Rp14 triliun. Proyek pembangunan subway itu termasuk dalam program Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Namun anggota Komisi V DPR RI Saleh Husein pesimistis dengan rencana tersebut. Ia mencontohkan pembangunan proyek monorail yang diusung Pemda DKI Jakarta. Pembangunan monorail Jakarta pun menjadi proyek mati.(RRN)

Sumber : http://www.metrotvnews.com/read/newsvideo/2012/09/05/158828/Jepang-Pinjamkan-Dana-Bangun-Subway-di-Jakarta/2
Related Posts : berencana , indonesia , jakarta , merealisasikan , pembangunan , subway , transportasi

Tidak ada komentar :

Posting Komentar