Selasa, 25 September 2012

Ada Monorel Cibubur-Senayan, Jasa Marga Siapkan Parkir 1.000 Mobil Orang Jakarta

Jakarta - PT Jasa Marga Tbk berencana membangun monorel di atas jalan tol (elevated) dalam kota untuk rute Cibubur-Senayan. Cara ini lebih efektif mengurangi kepadatan kendaraan di jalan dan memperlancar aktivitas masyarakat dari Bogor atau Cibubur.

Atas rencana ini, Jasa Marga berencana menghadirkan parkir kendaraan yang ekstra luas bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan moda transportasi masal tersebut. Demikian disampaikan Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman saat berbincang dengan detikFinance, Senin (24/9/2012).

"Kita akan sediakan lahan untuk menampung mobil baru masyarakat yang pakai monorel. Mobil diparkir," katanya.

Lahan ini diperkirakan mampu menampung 1.000 mobil. Namun ide ini masih terus dimatangkan perseroan, termasuk posisi lahan parkir ekstra tersebut.

"Lahannya belum namun kalau melihat posisinya, tanah yang masih cukup luas antara pintu tol Cibubur dengan Bukit Golf (Cimanggis). Kita bebaskan untuk parkir," paparnya.

Ide pembangunan monorel Cibubur-Senayan ini merupakan pengganti rencana awal, yaitu jalan tol layang. Monorel sengaja dipilih karena proyek ini paling layak, dibandingkan jalan tol. Daya angkut monorel juga lebih banyak, dibandingkan mobil yang jalan layang diatas jalan tol dalam kota.

Ongkos pembangunan monorel dianggap lebih murah dibandingkan jalan tol. Biaya struktur lebih efisien karena beban angkut monorel lebih kecil dibandingkan mobil. "Pembangunannya jauh lebih murah karena kalau monorel bisa dipastikan bebannya. Namun mobil jika dalam keadaan macet, semua menumpuk. Beban jadi lebih besar," ucap Adit.

Sumber : http://cybernews.cbn.net.id/cbprtl/cybernews/detail.aspx?x=Economy&y=cybernews%7C0%7C0%7C3%7C19666
Related Posts : berencana , dibandingkan , ekstra , jalan , kendaraan , marga , masyarakat , menampung , mobil , pembangunan

Tidak ada komentar :

Posting Komentar