Selasa, 10 April 2012

Ibu Kota Jakarta Giat Bangun Flyover

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA--Masalah kemacetan di Ibukota yang begitu kompleks, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan pembenahan. Salah satunya dengan membangun flyover dan jembatan.

Menurut Kepala Dinas PU DKI Jakarta, Ery Basworo, beberapa ruas jalan di Ibukota tidak dapat berfungsi maksimal lantaran adanya penyempitan ruas jalan di bagian tertentu ( bottle neck ) atau juga karena terendam air pada saat musim hujan.

"Pembangunan flyover dan jembatan sangat bermanfaat untuk mengatasi persoalan fisik jalan," ujar Ery dalam pernyataannya kepada tribun, Selasa (10/4/2012).

Ery menjelaskan, Flyover di jalan Latuharharry, di Bandengan dan Tubagus Angke dibangun untuk mengatasi bottle neck dan menunjang pengoperasian Busway.

Sementara, untuk menambah kapasitas ruas jalan yang ada dilakukan perluasan di Jembatan Akses Marunda ( Cakung Drain sisi Selatan), Jembatan Tanjung Duren, Jembatan Akses Marunda (K. Blendong), dan Jembatan Akses Marunda Cakung Drain sisi Utara.

Selain itu, kata Ery lagi, untuk mengatasi genangan yang timbul pada musim hujan, peninggian jembatan dilakukan dengan membangun jembatan di Kali Angke ( Jembnatan Genit ), Jembatan Teluk Gong, Jembatan Kalibata, Jembatan Muara Angke dan Jembatan Jalan Pluit Utara depan PLTU.

Keberadaan flyover dan jembatan ini rupanya direspon positif oleh pengguna jalan yang biasa memanfaatkan ruas - ruas jalan tersebut.

"Keberadaan Jembatan Kalibata sangat membantu. Selain bisa mengatasi kemacetan juga mengatasi bajir di musim hujan," kata Fahmi, warga Jakarta yang tinggal di Condet, Jakarta Timur.

Sejak 2007 hingga kini, Pemprov DKI Jakarta telah membangun 21 flyover dan jembatan. Dari Jumlah ini, 16 diantaranya sudah selesai dan telah dipergunakan.

Sisanya, 5 proyek lainnya diharapkan akan selesai pada 2012 ini. Kel;ima proyek ini adalah Jalan Layang Non Tol Kampung Me;layu, Jalan Layang Non Tol Antasari Blok M, dan Jalan Layang Non Tol Kampung Melayu-Tanah Abang, dan flyover akses terminal Pulo Gebang.

Sumber : http://jakarta.tribunnews.com/2012/04/10/ibu-kota-jakarta-giat-bangun-flyover
Related Posts : drain , flyover , jakarta , jalan , kemacetan

Tidak ada komentar :

Posting Komentar