Kamis, 22 Maret 2012

Kemacetan Jakarta Akibatkan Kerugian Rp45 Triliun

Metrotvnews.com, Jakarta: Siapa yang tak gerah dengan kemacetan di Jakarta? Antrean panjang kendaraan membuang banyak waktu dengan percuma. Pengendara pun jadi emosi. Tapi tahukah Anda, kemacetan pun membuat negara rugi hingga Rp45 triliun.

Kerugian terbesar yakni kehilangan nilai waktu yang mencapai Rp14 triliun. Pemerintah harusnya mengantisipasi kemacetan lalu lintas agar tak membuat nilai kerugian kian melebar.

Kerugian itu mencakup komponen biaya untuk bahan bakar kendaraan, hilangnya potensi ekonomi, dan pencemaran udara. Sehingga Jakarta dinilai tak seimbang dalam bidang kependudukan, transportasi, dan infrastruktur.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah mencatat pertumbuhan panjang jalan di Jakarta hanya 0,01 persen per tahun. Bandingkan angka itu dengan pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor yang mencapai 9,5 persen per tahun.

Sementara Dinas Perhubungan DKI Jakarta mencatat jumlah kendaraan di ibukota pada 2007 sebanyak 5,8 juta unit. Pada 2008, angka itu meningkat menjadi 6,3 juta kendaraan. Jumlah kendaraan terus naik menjadi 6,7 unit pada 2009. Peningkatan volume kendaraan menembus angka 7,29 juta unit pada 2010.

Pemerintah seharusnya segera mengambil langkah untuk mencari solusi kemacetan. Sebab, kemacetan menghambat laju pertumbuhan dalam negeri.(RRN)

Sumber : http://www.metrotvnews.com/read/newsvideo/2012/03/21/147584/Kemacetan-Jakarta-Akibatkan-Kerugian-Rp45-Triliun/2
Related Posts : jakarta , kemacetan , kendaraan , pertumbuhan

Tidak ada komentar :

Posting Komentar