Selasa, 03 Juli 2012

Indonesia Surga Limbah Beracun?

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia seolah menjadi surga limbah beracun. Betapa tidak, lebih dari 300 kontainer memuat limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) tiba di Indonesia selama empat bulan terakhir.

Kasus terbaru yaitu kedatangan 113 kontainer berisi baja batangan yang mengandung limbah di Pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta. Pihak bea cukai lalu mengembalikan kontainer-kontainer itu ke negara asal yakni Belanda dan Australia.

Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Agus Rofiudin mengatakan kerugian lebih mengarah ke inmaterial. Tapi, limbah-limbang itu tak menutup kemungkinan akan merusak lingkungan.

Selain itu, negara-negara Eropa seolah menganggap Indonesia sebagai surga bagi investasi limbah elektronik. Dalam setahun belakangan, Eropa mengirim 10 juta ton limbah elektronik ke Indonesia. Keuntungan limbah itu diperkirakan mencapai 500 ribu dolar AS.

Sementara itu, pemerintah tak tegas menerapkan sanksi hukum pada pelaku impor limbah beracun. Padahal, Indonesia memiliki Undang Undang Lingkungan Hidup dan Undang Undang Pengelolaan Sampah untuk menjerat para pelaku.(RRN)

Sumber : http://www.metrotvnews.com/read/newsvideo/2012/07/02/154281/Indonesia-Surga-Limbah-Beracun?/6
Related Posts : indonesia , kontainer

Tidak ada komentar :

Posting Komentar