Kamis, 30 Agustus 2012

Bandung Akan Lebih Cepat Wujudkan MRT

BANDUNG — Walikota Bandung Dada Rosada menyatakan Kota Bandung dalam kurun waktu tidak lama akan memiliki transportasi publik moderen, Mass Rapid Transit (MRT) sepanjang 11 Km. Bahkan dengan selesainya proses Pra Feasibility Study (Pra FS) dan Feasibility Study (FS) telah selesai sesuai jadwal, ia optimis Bandung bisa menyalip Jakarta.

“Ini pertama kali di Indonesia, walapun Jakarta itu juga ada kerjasama dengan Jepang (JICA), mudah-mudahan Bandung mendahului Jakarta dan mohon maaf kalau Bandung mendahului Jakarta,” ungkap Dada di JCC, Jakarta, kemarin.

Dada mengungkapkan moda transportasi massal ini nantinya akan mampu mengangkut sekitar 600 penumpang dalam sekali jalan. Untuk mewujudkan proyek tersebut Dada mengatakan telah ada beberapa investor yang tertarik bergabung dalam konsorsium pembangunan MRT Bandung.

“Yang sudah datang ke saya banyak termasuk Pak Jusuf Kalla. Jadi sudah ada 3 sampe 4 yang sudah datang. Karena proyeknya tidak terlalu besar, jadi tidak terlalu banyak, tapi pasti lebih dari satu,” imbuhnya.

Presdir Panghegar Kirana Group sebagai konsorsium bersama perusahaan China National Machinary Corporation (CMC Imp & Exp Corp) menyatakan kalau pihaknyalah yang akan membangun MRT di Bandung. Bahkan menurutnya, setelah pembangunan tahap pertama usai direncanakan akan diperluas hingga ke sekitar wilayah kota Bandung

“Tahap kedua dari Soreang karena sekarang Soreang-Bandung itu yang paling macet, menyambungkan kota pendidikan di Jatinangor sampai Cimahi,” paparnya. Ia optimis, jika proses FS dan Pra FS berjalan lancar pada akhir 2013, MRT Bandung sudah mulai dibangun. “Mudah-mudahan akhir 2013 bisa dimulai.” (arie)

Sumber : http://www.harianterbit.com/2012/08/29/bandung-lebih-cepat-wujudkan-mrt/
Related Posts : bandung , feasibility , jakarta , konsorsium , mendahului , pembangunan , proses , study , transportasi

Tidak ada komentar :

Posting Komentar