Jumat, 28 Juni 2013

Basuki: Proyek MRT Diulur, Jakarta Akan Tertinggal

BERITAJAKARTA.COM — 27-06-2013 09:24
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama menegaskan, proyek pembangunan transportasi massal Mass Rapid Transit (MRT) tetap akan dimulai pada tahun 2013. Meski begitu, pro dan kontra pembangunan proyek ini masih muncul di tengah-tengah masyarakat.

"Kalau mulai tahun ini, Oktober kita laksanakan ground breaking. Waktu kami (Jokowi-Ahok) memimpin Jakarta tinggal empat tahun. Artinya, MRT belum selesai, kami sudah harus ikut Pemilukada lagi. Kalau mau ikut lagi tahun 2017, itu risikonya kami tidak dipilih orang lagi karena kemacetan akan menggila," ujar Basuki, Kamis (27/6).

Selama empat tahun ke depan, lanjut Basuki, warga Jakarta akan mengutuk kepemimpinan Jokowi-Basuki akibat kemacetan lalu lintas seiring berlangsungnya pembangunan MRT. "Kira-kira begitu. Jadi kalau diulur-ulur lagi, Jakarta akan tertinggal. Sehingga diputuskan lebih baik tidak terpilih kembali asal kami bisa meletakkan dasar yang benar untuk Jakarta Baru," katanya.

Selama ini, kata Basuki, pihaknya banyak belajar dan meminta masukan dari Duta Besar Singapura terkait pembangunan MRT. Sebab, Singapura dinilai berhasil dalam membangun dan menerapkan moda transportasi berbasis rel tersebut.

Dikatakan Basuki, awalnya Singapura juga mengalami kendala serupa dengan Pemprov DKI Jakarta saat hendak memulai pembangunan MRT. "Kita harus belajar dari Singapura yang telah memulai pembangunan MRT pada tahun 1982. Saat itu, banyak kajian yang menyatakan MRT tidak boleh dibangun di Singapura. Tapi, untungnya seorang menteri meminta kajian konsultan lain dan diputuskan untuk membangun MRT. Nah lihat hari ini, masyarakat Singapura menikmati MRT," ucap Basuki.

Dari hasil diskusi bersama Dubes Singapura, Basuki semakin yakin, setiap usaha baru pasti akan menemui hambatan dan perlawanan. "Banyak orang tidak visioner di zona nyaman yang akan menentang upaya kami. Pembangunan MRT tidak mulai-mulai karena dipolitisir," tandasnya.

Sumber : http://www.beritajakarta.com/2008/id/berita_detail.asp?idwil=0&nNewsId=54996
Related Posts : basuki , belajar , breaking , diulur-ulur , dki , itajakarta , jakarta , jokowi-basuki , kajian , kemacetan , memulai , moda , mrt , pembangunan , proyek , rapid , singapura , transportasi , visioner

Tidak ada komentar :

Posting Komentar