Selasa, 04 September 2012

WiFi Gratis Untuk Jakarta Yang Macet

Mungkin tidak ada solusi instan untuk penyakit kemacetan Jakarta, tapi paling tidak mereka yang terjebak kemacetan bisa menikmati internet gratis.

Bulan ini, pemerintah ibu kota berencana mengaktifkan internet nirkabel (WiFi) gratis di beberapa ruas jalan protokol. Warga Jakarta, yang tergila-gila Twitter dan Facebook, bisa membuang waktu di jalanan dengan lebih efisien.

Para pemilik mobil dengan supir, para pengguna taksi, atau penumpang ojek bisa mengirim status dengan gratis, berkat wireless hotspot yang saat ini tengah dipasang, kata Gubernur Jakarta Fauzi Bowo yang akrab disapa Foke.

“Pemda DKI tidak mengeluarkan satu rupiah pun untuk internet gratis ini,” ujarnya dalam konferensi pers. “Hotspot disediakan oleh pihak swasta yang memasang kabel serat optik di jalanan.”

Pemerintah kota Jakarta menyatakan WiFi di jalan utama ini adalah langkah pertama dalam rencana mereka menjadikan ibu kota sebagai salah satu kota dengan koneksi internet paling luas di dunia pada 2015. Dalam rencana itu, internet gratis ini akan dipasang di semua fasilitas umum, termasuk rumah sakit dan tempat ibadah.

Beberapa pihak merasa ragu apakah kualitas WiFi-nya bisa diandalkan, dan sebagian orang bahkan menduga ini adalah upaya menggalang suara menjelang putaran kedua pemilihan Gubernur DKI tanggal 20 September. Dalam pemilu ini, Foke harus berhadapan dengan Joko Widodo alias Jokowi, tokoh populer yang saat ini menjabat wali kota Solo. Persaingannya begitu ketat, kata para pengamat, sehingga suara dari segelintir pengguna Twitter bisa sangat berpengaruh.

Foke menampik anggapan bahwa internet gratis ini adalah alat untuk “membeli” suara. Kepada media, ia menegaskan gagasan ini sudah ada sebelum ia sadar bahwa persaingan di pemilu akan sangat ketat.

Para pendukung Jokowi memang selama ini telah mencoba merangkul pemilih-pemilih muda yang melek teknologi.

Belum lama ini, fans Jokowi meluncurkan sebuah permainan mirip Angry Birds dengan sang cagub sebagai tokoh utama. Dalam game itu, Jokowi harus memberantas musuh-musuh Jakarta, seperti koruptor dan preman.

Sementara itu, sebuah video YouTube yang mendukung Jokowi menjadi populer dan telah dilihat lebih dari 800.000 kali. Video itu menampilkan parodi lagu “What Makes You Beautiful,” tembang populer dari boy band Inggris One Direction. Lirik lagunya mengkritik kegagalan pemerintah DKI mengurai kemacetan dan memberikan pelayanan masyarakat yang memuaskan.

Budi Siswanto, sekretaris tim sukses Foke, berkata peluang kandidatnya di pemilu nanti tidak terpengaruh oleh game atau lagi itu. Menurut Budi, Foke memasang WiFi gratis itu hanya untuk meningkatkan kualitas hidup warga.

“Fokus kami adalah soft campaign, seperti bertemu langsung dengan warga dan mendengarkan apa kata mereka mengenai masalah yang dihadapi, serta bagaimana ide mereka untuk memperbaiki Jakarta,” ujarnya. “Kami juga mengincar mereka yang belum menentukan pilihan. Ada 2,5 juta orang yang tidak memilih di putaran pertama.”

Jadi, mana yang akan menentukan siapa yang bakal memimpin ibu kota berikutnya? Parodi lagu atau download kencang di kala macet? Masih belum jelas, tapi beberapa sudah merasa ragu apakah kualitas gratisan itu bisa diandalkan. Seorang pengguna Twitter bernama Anna Soemarmo Tandayu bertanya: “Habis kampanye, mati nggak WiFi-nya?”

Sumber : http://realtime.wsj.com/indonesia/2012/09/03/wifi-gratis-untuk-jakarta-yang-macet/?mod=google_news_blog
Related Posts : internet , jakarta , jalan , kemacetan , menentukan , orang , pemerintah

Tidak ada komentar :

Posting Komentar