Kamis, 13 September 2012

FOTO: Tempat Sampah Raksasa di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Permasalahan sampah di Jakarta semakin mengkhawatirkan. Tak hanya menumpuk di pemukiman warga atau di jalan-jalan, berbagai jenis sampah itu bahkan menumpuk di saluran air. Fungsi kali sebagai saluran air pun berubah menjadi genangan sampah.

Kondisi itu terlihat di Kali Kecil yang melintas melewati lima RT, yaitu RT 01, 02, 03, 08, dan 10, serta dua RW 01 dan 06, Batuampar, Kramatjati, Jakarta Timur. Selama lebih dari satu bulan terakhir, warga sekitar kali merasa tidak nyaman atas tumpukan sampah yang menumpuk sepanjang kurang lebih 1 km.

Kali selebar lima meter tersebut penuh dengan berbagai jenis sampah, mulai dari sampah rumah tangga hingga kayu bekas. Karena penuhnya sampah, sepanjang mata memandang tak lagi tampak adanya air di kali tersebut. Bahkan, di bagian bawah sampah terlihat kering sehingga bisa untuk berpijak.

Selain tak sedap di pandang mata, yang paling membuat tidak nyaman adalah munculnya bau tak sedap serta tumbuhnya belatung di tumpukan sampah itu. Kondisi itulah yang membuat warga sekitar khawatir akan ancaman penyakit yang mengintai. Itu dikarenakan di sepanjang kali tersebut kerap menjadi tempat bermain anak-anak.

Kali Kecil merupakan saluran penghubung yang mengalir dari Pasar Induk, Kramatjati, dan berujung di Sungai Ciliwung. Sepanjang saluran tersebut, terdapat saluran pembuangan limbah manusia dari warga di sepanjang kali. Sampah di kali itu semakin banyak seiring dengan bertambahnya penduduk yang bermukim di bantaran sungai.

Hingga kini belum ada tindakan dari pemerintah melalui instansi terkait. Sementara itu, ancaman penyakit semakin lama menghantui warga. Belum lagi musim hujan yang sebentar lagi akan tiba.

Sumber : http://megapolitan.kompas.com/read/2012/09/12/17015047/FOTO.Tempat.Sampah.Raksasa.di.Jakarta
Related Posts : jakarta , jenis , kramatjati

1 komentar :

  1. Persoalan sampah itu dimana mana sama,juga sdh ditangani dengan macam macam cara dan alat,tapi TETAP SAJA YA BEGITU TU,kecuali suatu daerah/lingkungan yg sdh menggunakan sy punya cara,sama skali TIDAK ADA REPOT DENGAN SAMPAH,bila berkenan(buka)http://teknologitpa.blogspot.com

    BalasHapus